Pages

Sabtu, 20 Oktober 2012

Anunnaki

Anunnaki adalah salah sekelompok Dewa dari bangsa Sumeria, Akkadia, Asyiria dan  Babylonia. Annunaki muncul di dalam mitos penciptaan bangsa  Babylonia, Enuma Elish, di dalamnya juga disebutkan mengenai Marduk. Setelah penciptaan manusia, Marduk membagi Anunnaki dan menugaskan mereka di tempat-tempat yang telah ditentukan, tiga ratus di surga, dan tiga ratus di bumi. Dalam hal ini bisa kita lihat bahwa Anunnaki sebenarnya adalah sekelompok Dewa yang jumlahnya sekitar 600 Dewa, sementara dalam berbagai kebudayaan dan kepercayaan terhada Dewa-Dewi kita ketahui bahwa mereka memiliki satu nama untuk satu Dewa atau banyak nama untuk satu Dewa. Ini adalah sebuah hal yang unik dengan adanya satu sebutan untuk 600 Dewa yaitu Anunnaki.

Apakah mungkin Dewa-dewa yang disebut sebagai Anunnaki ini adalah sekelompok makhluk dengan kecerdasan dan teknologi tinggi ?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, saya kembali meninjau sebuah peristiwa yang tidak terlalu jauh masanya. Pada saat perang dunia ke-dua, penduduk asli Papua New Guinea (Papua Nugini) dikejutkan dengan suara pesawat yang kemudian mendarat di sebuah lahan kosong, dari dalamnya muncul orang-orang berkulit putih yang belum pernah mereka temui sebelumnya, mereka terkejut melihat penampilan fisik mereka yang benar-benar berbeda dengan mereka dan turun dari atas "burung besi". Dari dalam pesawat orang-orang pendatang ini menurunkan supply bahan makanan untuk para penduduk lokal sebagai bantuan logistik atas pecahnya perang.

Mungkin mereka berpikir bahwa orang-orang berpenampilan aneh dan menaiki "burung besi" ini adalah Dewa yang datang untuk memberi mereka berkah berupa makanan dan obat-obatan. Tetapi beberapa waktu kemudian perang sudah usai dan orang-orang pendatang ini meninggalkan Papua New Guinea. Penduduk lokal melihat mereka menaiki "burung besi" kemudian terbang ke langit. Karena lama para "Dewa" ini tidak kembali maka penduduk lokal pun membuat tiruan dari pesawat atau "burung besi" yang ditunggangi oleh orang-orang maju tersebut dengan harapan bila mereka melihat tiruan pesawat itu, maka orang-orang yang mereka anggap sebagai "Dewa" itu akan datang lagi dan memberi mereka makanan.
anunnaki.jpg
patung Anunnaki

Hal yang sama bisa saja terjadi, saat orang-orang di masa lalu melihat makhluk dengan bentuk dan penampilan aneh datang menggunakan sebuah "tunggangan" yang belum pernah mereka lihat sebelumnya, berbagi pengetahuan dan makanan dan kemudian meninggalkan mereka ketika misi mereka sudah selesai, atau gagal, dan kemudian orang-orang kuno ini membangun patung dengan bentuk menyerupai mereka, dengan harapan supaya "Dewa-dewa" ini datang lagi.

Hubungan Anunnaki dan kebudayaan bangsa lain

Pada beberapa relief peninggalan bangsa Sumeria ada beberapa yang cukup mengejutkan, salah satunya adalah relief di bawah ini :
anunnaki-1.jpg

Pada relief pada bagian atas terdapat Ahura Mazda, sang Dewa penemu kepercayaan Zoroastrianisme bangsa Persia. Pada relief tersebut terlihat seakan-akan Ahura Mazda melindungi pohon kehidupan (tree of life bangsa Sumeria) dan empat orang yang disekitarnya adalah para Anunnaki. Dari sini kemudian muncul lagi pertanyaan :

Siapa sebenarnya Ahura Mazda dewa penemu kepercayaan Zoroastrianisme bangsa Persia yang memerintahkan pengikutnya untuk membangun kota pengungsian bawah tanah Derinkuyu di Turki (dulu Persia) dan apa hubungannya dengan Anunnaki, dewa bangsa Sumeria, Akkadia, Asyiria dan  Babylonia?

Untuk menjawab pertanyaan itu, saya telusuri lagi Anunnaki dari awal.

Menurut mitos bangsa Babylonia, Anunnaki adalah anak-anak dari dewa-dewi bersaudara yaitu Anu dan Ki (Ea), yang merupakan anak dari Anshar dan Kishar (Langit dan Bumi) dimana mereka adalah anak dari Lahamu dan Lahmu, nama yang diberikan untuk penjaga gerbang Abzu, sebuah kuil di Eridu (sebuah kota Sumeria kuna, yang saat ini bernama Tell Abu Shahrain di propinsi Dhi Qar Governorate, Irak), sebuah tempat yang dipercaya sebagai lokasi terjadinya penciptaan. Lahamu dan Lahmu sendiri adalah anak dari Tiamat (Dewi Laut) dan Abzu (Dewa Air).

asshurz.jpg
Anshar

Gambar di bagian atas yang mirip dengan Ahura Mazda (Dewa Cahaya dan Kebijaksanaan yang terkadang juga disebut sebagai Dewa Langit bangsa Persia) adalah Anshar (atau Anshur, Ashur, Asshur) yang juga merupakan dewa langit bangsa Babylonia, Sumeria, Akkadia dan Asyiria.

Tiamat sendiri dalam mitos itu digambarkan sebagai Dewi kehancuran, dalam budaya lain disebut sebagai Leviathan, yang ingin menghancurkan dunia yang telah diciptakan oleh Marduk, dan dikisahkan bahwa Anshar memimpin para dewa untuk bertempur melawan Tiamat.

Jika memang ada fakta di balik mitos dari bangsa-bangsa yang berbeda itu, bisa diambil kesimpulan bahwa Ahura Mazda dan Anshar jika dilihat dari penggambarannya oleh kebudayaan berbeda, berasal dari satu kelompok yang sama, yaitu mereka yang mempunyai kebudayaan maju yang tersebar di beberapa tempat di sekitar daerah tersebut sehingga melahirkan sebuah mitos atau legenda mengenai orang-orang hebat ini yang dirangkum dalam sebuah mitologi, saling menghubungkan kelompok-kelompot tersebut dalam sebuah garis keturunan dewa-dewi dan dipuja dalam kepercayaan mereka. Adanya pertempuran yang dipimpin oleh Anshar melawan Tiamat sama persis dengan mitos bangsa Persia yang juga tertulis dalam teks-teks suci mereka sebagai pertempuran antara Ahura Mazda dengan Angra Meinyu.

tablet-bearing-the-text-o.jpg
Salah satu tablet Enuma Elish

Asal mitos Anunnaki

Banyak orang percaya bahwa anunnaki berasal dari mitos bangsa Sumeria karena sempat disebutkan dalam sebuah kisah penciptaan bangsa Sumeria, tetapi kisah yang lebih lengkap mengenai Anunnaki ini justru berasal dari Babylonia, sehingga besar kemungkinan bahwa mitos mengenai Anunnaki ini berasal dari Babylonia dan kemudia tersebar kepada bangsa Sumeria, Asyiria dan Akkadia, atau bisa jadi para Anunnaki ini juga mendatangi tempat-tempat tersebut dan mulai membangun kepercayaan mengenai dewa-dewi di sana yang sama seperti kepercayaan bangsa Babylonia.

0 comments:

Posting Komentar

Need a Translate?

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Popular Posts